ANALISIS
KEBUTUHAN SMA NEGERI 1 PEMULUTAN SELATAN
Sistem
desain instruksional (Gagne, 1979)
a. Tingkat
sistem
1. Analisis
kebutuhan, Tujuan Umum dan Prioritas
a. Karakter
siswa : dengan kondisi sosial 80% adalah anak petani, 10% anak dari pekerja
tenun songket dan 10% anak dari petambak ikan patin.
b. Faktor
Budaya : 85% masih menganggap sekolah bukanlah hal penting dalam menaikkan
tingkat sosial seseorang.
c. Gaya
Belajar : siswa dan siswi lebih menyukai belajar santai, seperti proses
pembelajaran yang bersifat seperti permainan.
d. Kemampuan
belajar : jika dilihat secara keseluruhan, kemampuan belajar siswa siswa masih
dibawah standar kelayakan belajar tingkat SMA, karena masih rendahnya kesadaran
untuk belajar mandiri dirumah melalui pekerjaan rumah, ataupun latihan, dan nilai
Ulangan siswa, masih dalam standar kurang memuaskan.
e. Media
Pembelajaran : Chart dan foto.
f. Metode
Pembelajara : Diskusi terkadang tergantung topik yang akan disampaikan.
g. Strategi
pembelajaran
a. Menarik
perhatian siswa;
b. Memberi
informasi;
c. Menstimulasi
daya ingat siswa;
d. Menyajikan
bahan ajar ;
e. Memberi
bantuan saat belajar;
f. Memotivasi
siswa;
g. Memberi
umpan balik;
h. Penilaian
terhadap prestasi belajar;
i.
Meningkatkan daya ingat siswa.
h. Evaluasi
pembelajaran
a. Evaluasi
hasil belajar
b. Evaluasi
Program pembelajaran
i.
Umpan balik
2. Analisis
sumber, hambatan dan alternatif sistem peluncuran
a. Analisis
sumber : Buku pegangan yang dipinjam pihak sekolah.
b. Hambatan
: kurangnya peran aktif siswa untuk membaca secara mandiri dan mengulangi apa
yang telah dan belum dipelajari di sekolah.
3. Penentuan
lingkup dan urutan kurikulum dan matapelajaran.
a. Penentuan
Lingkup : seluruh siswa SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan jurusan IPS.
b. Kurikulum
: KTSP
c. Matapelajaran
: IPS EKONOMI AKUNTANSI
ANALISIS
KEBUTUHAN
TIU (standar kompetensi) :
Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional.
Kriteria TIU :
a. Menjelaskan pengertian manajemen.
b.
Menjelaskan jenjang manajemen serta
mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
ANALISIS
INSTRUKSIONAL
MENGIDENTIFIKASI
PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL SISWA
No
|
Perilaku Khusus
|
Amat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Jelek
|
Amat Jelek
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
|
Menjelaskan
pengertian manajemen
Menjelaskan
pengertian badan Usaha
Menjelaskan
Jenjang manajemen
Menjelaskan
prinsip-prinsip manajemen
Menjelaskan
fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli
Menjelaskan prinsip-prinsip
manajemen
Pengelompokkan
badan usaha
Memberikan
contoh peran Badan usaha dalam perekonomian indonesia
Menguraikan
fungsi manajemen dalam pengelolaan Badan
Usaha
|
V
-
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
-
V
V
-
-
-
-
V
-
|
-
-
-
V
V
V
V
-
V
|
-
-
-
-
-
-
-
-
-
|
ANALISIS
INTRUKSIONAL DARI TABEL PERILAKU
DAN
KARKTERISTIK AWAL SISWA
Isilah tabel berikut
dengan (V) dengan kriteria sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan
sangat tidak setuju, untuk setiap sub materi yang akan disampaikan dikelas.
SKALA
PENILAIAN BENTUK LIKERT
No
|
Sub
Materi
|
Sangat
setuju
|
setuju
|
netral
|
Tidak
setuju
|
Sangat
tidak setuju
|
1
2.
3.
4
5
6
7
|
Menjelaskan
pengertian badan Usaha
Menjelaskan
Jenjang manajemen
Menjelaskan
prinsip-prinsip manajemen
Menjelaskan
fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli
Pengelompokkan
badan usaha
Memberikan
contoh peran Badan usaha dalam perekonomian indonesia
Menguraikan
fungsi manajemen dalam pengelolaan Badan
Usaha
|
V
-
V
V
V
V
V
|
-
V
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
|
-
-
-
-
-
-
-
|
JUMLAH
|
6
|
1
|
-
|
-
|
-
|
KUISIONER
Isilah kusioner
berikut, dengan menjawab pertanyaan secara benar dan tepat
Jawaban anda dalam
kuisioner ini, tidak akan mempengaruhi penilaian anda dalam belajar.
PERTANYAAN
1.
Tuliskan tempat kelahiran dan tempat
anda dibesarkan.
JAWABAN:
..............................................................
2.
Pekerjaan atau bidang pengetahuan yang
menjadi keahlian atau dicita-citakan untuk menjadi bidang keahlian anda.
JAWABAN:
..............................................................
3.
Hobby anda
JAWABAN:
..............................................................
4.
Bahasa sehari-hari yang dipakai
JAWABAN:
..............................................................
5.
Bahasa asing yang dikuasai
JAWABAN:
..............................................................
6.
Alat-alat audio-visual yang ada dirumah
dan biasa digunakan sehari-hari
JAWABAN:
..............................................................
7.
Proses belajar yang bagaimana yang dapat
meningkatkan hasil belajar anda
JAWABAN:
...............................................................
8.
Bagaimana jika proses pembelajaran di
lakukan dengan melakukan studi lapangan secara langsung
JAWABAN:
...............................................................
9.
Jika Guru memberikan tugas berupa
pekerjaan rumah, apakah hal tersebut membuat anda malas mengerjakannya sendiri
JAWABAN:
..............................................................
10.
Apa yang anda lakukan, jika guru yang
mengajar, berhalangan hadir
JAWABAN:
..............................................................
MERUMUSKAN
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
AUDIENCE
Mata Pelajaran : Ekonomi Akuntansi
SK : Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional
KD :a. Menjelaskan jenjang manajemen.
b. Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
c. Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut
para ahli.
d. Menjelaskan pengertian badan usaha
e. Pengelompokkan badan usaha.
f. Menguraikan
fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
g. Memberikan
contoh peran badan usaha dalam perekonomian
indonesia.
Kelas :
XII.IPS
BEHAVIOR
a.
Menjelaskan jenjang manajemen.
b.
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
c.
Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
d.
Menjelaskan pengertian badan usaha
e.
Pengelompokkan badan usaha.
f.
Menguraikan fungsi
manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
g.
Memberikan contoh peran
badan usaha dalam perekonomian
indonesia.
CONDITION
a.
Menjelaskan jenjang manajemen.
Jika diberi pertanyaan mengenai jelaskan jenjang dalam manajemen,
siswa-siswi kelas XII.IPS dapat menjawab jenjang manajemen mulai dari top,
middle dan low manajemen.
b.
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Dengan diberikan soal mengenai prinsip-prinsip manajemen, diharapkan
siswa-siswi kelas XII.IPS dapat menjawab prinsip-prinsip manajemen.
c.
Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
Dengan diberikan soal fungsi manajemen menurut henry fayol dan george
terry diharapkan siswa dapat menjawab fungsi-fungsi manajemen menurut ahli.
d.
Menjelaskan pengertian badan usaha.
Jika diberikan
pertanyaang mengenai jelaskan pengertian badan usaha, siswa-siswi kelas XII.IPS
dapat menjawab pengertian badan usaha.
e.
Pengelompokkan badan usaha.
Jika diberikan pertanyaan pengelompokkan badan usaha swasta, yakni cv,
kartel dan trust, siswa-siswi dapat
menjawab pertanyaan tersebut.
f.
Memberikan contoh peran
badan usaha dalam perekonomian indonesia.
Jika diberikan soal
berkaitan dengan perekonomian indonesia, diharapkan siswa dapat menjawab soal
yang berkaitan dengan berikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian
indonesia.
g.
Menguraikan fungsi
manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
Jika diberikan empat (4) fungsi manajemen secara umum, diharapkan
siswa dapat menjawab pertanyaan dalam menguraikan fungsi manajemen dalam
pengelompokkan badan usaha.
DEGREE
a.
Menjelaskan pengertian badan usaha.
Siswa dapat menjelaskan pengertian badan usaha secara
umum dengan runtut dan benar.
Maka siswa paling
sedikit benar 90% setingkat dengan kesempurnaan.
b.
Menjelaskan jenjang manajemen.
Siswa dapat menjelaskan
jenjang manajemen dengan runtut dan benar.
Maka siswa paling
sedikit benar 90% setingkat dengan kesempurnaan.
c.
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Siswa dapat menjelaskan
prinsip-prinsip manajemen secara runtut dan benar.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.
d.
Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
Siswa dapat menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli
dengan runtut dan benar.
Maka paling sedikit siswa benar 75%.
e.
Pengelompokkan badan usaha.
Siswa dapat membuat
pengelompokkan mengenai badan usaha.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.
f.
Memberikan contoh peran
badan usaha dalam perekonomian indonesia.
Siswa dapat memberikan contoh peran badan usaha dalam
perekonomian indonesia.
Maka paling sedikit
siswa benar 70%.
g.
Menguraikan fungsi
manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
Siswa dapat menguraikan fungsi manajemen dalam
pengelompokkan badan usaha.
Maka paling sedikit
siswa benar 70%.
MENYUSUN
TES ACUAN PAP DAN PAN
PAP:
Nilai rapot.
PAN:
Lebih pada penguatan pada saat proses pembelajaran.
PAP
dan PAN dilihat dari penilaian.
TIK
1 : Menjelaskan pengertian badan usaha.
Siswa dapat menjelaskan
pengertian badan usaha secara umum dengan runtut dan benar .
Maka siswa paling sedikit benar 90% jika, diberikan soal jelaskan pengertian
badan usaha.
Butir
Tes : Jelaskan
pengertian umum dari badan usaha!
TIK
2 : Menjelaskan jenjang manajemen.
Siswa dapat menjelaskan jenjang
manajemen dengan runtut dan benar. Jika diberikan tes mengenai jelaskan jenjang
manajemen, maka siswa paling sedikit benar 90%.
Butir
Tes : Jelaskan urutan
jenjang di dalam manajemen!
TIK 3 : Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Siswa
dapat menjelaskan prinsip-prinsip
manajemen secara runtut dan benar. Jika diberikan tes mengenai prinsip-prinsip
maanjemen, maka paling sedikit siswa benar 70%.
Butir
Tes : Jelaskan
prinsip-prinsip yang dipakai dalam manajemen!
TIK
4 : Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut
para ahli.
Siswa
dapat menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli dengan runtut dan
benar. Jika diberi tes, jelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut ahli, maka
paling sedikit siswa benar 75%.
Butir
Tes : Jelaskan
fungsi-fungsi manajemen menurut Henry fayol dan George
terry
TIK
5 : Pengelompokkan badan usaha.
Siswa
dapat membuat pengelompokkan mengenai
badan usaha. Jika diberikan tes mengenai tuliskan pengelompokkan mengenai badan
usaha, maka paling sedikit siswa benar 70%.
Butir
Tes : Tuliskan
pengelompokkan badan usaha menurut sektornya!
TIK
6 : Memberikan contoh peran
badan usaha dalam perekonomian
indonesia.
Siswa dapat memberikan contoh peran
badan usaha
dalam perekonomian indonesia. Jika siswa-siswi diberikan tes
mengenai peran badan usaha dalam perekonomian
indonesia, maka
paling sedikit siswa benar 70%.
Butir Tes : Tuliskan 3 contoh peran
badan usaha dalam perekonomian indonesia.
TIK 7 : Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
TIK 7 : Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
Siswa
dapat menguraikan fungsi manajemen dalam
pengelolaan
badan
usaha. Jika siswa-siswi diberikan tes mengenai fungsi
manajemen
dalam pengelolaan badan usaha, maka paling sedikit
siswa
diharapkan benar 70%.
Butir
Tes : Uraikan fungsi
manajemen dalam pengelolaan badan usaha!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar