Assalammualaikum...

Ketika butuh sebuah bahan referensi, semoga Blog ini bermanfaat.. Wassalammualaikum

Selasa, 10 April 2012

ANALISIS KEBUTUHAN T.I.K

ANALISIS KEBUTUHAN SMA NEGERI 1 PEMULUTAN SELATAN
Sistem desain instruksional (Gagne, 1979)
a.       Tingkat sistem
1.      Analisis kebutuhan, Tujuan Umum dan Prioritas
a.       Karakter siswa : dengan kondisi sosial 80% adalah anak petani, 10% anak dari pekerja tenun songket dan 10% anak dari petambak ikan patin.
b.      Faktor Budaya : 85% masih menganggap sekolah bukanlah hal penting dalam menaikkan tingkat sosial seseorang.
c.       Gaya Belajar : siswa dan siswi lebih menyukai belajar santai, seperti proses pembelajaran yang bersifat seperti permainan.
d.      Kemampuan belajar : jika dilihat secara keseluruhan, kemampuan belajar siswa siswa masih dibawah standar kelayakan belajar tingkat SMA, karena masih rendahnya kesadaran untuk belajar mandiri dirumah melalui pekerjaan rumah, ataupun latihan, dan nilai Ulangan siswa, masih dalam standar kurang memuaskan.
e.       Media Pembelajaran : Chart dan foto.
f.       Metode Pembelajara : Diskusi terkadang tergantung topik yang akan disampaikan.
g.      Strategi pembelajaran
a.       Menarik perhatian siswa;
b.      Memberi informasi;
c.       Menstimulasi daya ingat siswa;
d.      Menyajikan bahan ajar ;
e.       Memberi bantuan saat belajar;
f.       Memotivasi siswa;
g.      Memberi umpan balik;
h.      Penilaian terhadap prestasi belajar;
i.        Meningkatkan daya ingat siswa.
h.      Evaluasi pembelajaran
a.       Evaluasi hasil belajar
b.      Evaluasi Program pembelajaran
i.        Umpan balik

2.      Analisis sumber, hambatan dan alternatif sistem peluncuran
a.       Analisis sumber : Buku pegangan yang dipinjam pihak sekolah.
b.      Hambatan : kurangnya peran aktif siswa untuk membaca secara mandiri dan mengulangi apa yang telah dan belum dipelajari di sekolah.

3.      Penentuan lingkup dan urutan kurikulum dan matapelajaran.
a.       Penentuan Lingkup : seluruh siswa SMA Negeri 1 Pemulutan Selatan jurusan IPS.
b.      Kurikulum : KTSP
c.       Matapelajaran : IPS EKONOMI AKUNTANSI























ANALISIS KEBUTUHAN

TIU (standar kompetensi) :
Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional.

Kriteria TIU :
a.   Menjelaskan pengertian manajemen.
b.      Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan    pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.























ANALISIS INSTRUKSIONAL



 



 



















MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL SISWA
No
Perilaku Khusus
Amat Baik
Baik
Cukup
Jelek
Amat Jelek
1
2
3
4
5
6
7
1


2


3

4

5


6

7

8



9
Menjelaskan pengertian manajemen
Menjelaskan pengertian badan Usaha
Menjelaskan Jenjang manajemen
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen
Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen
Pengelompokkan badan usaha
Memberikan contoh peran Badan usaha dalam perekonomian indonesia
Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan Badan Usaha
V


-


-

-

-


-

-

-



-
-


-


-

-

-


-

-

-



-
-


V


V

-

-


-

-

V



-
-


-


-

V

V


V

V

-



V
-


-


-

-

-


-

-

-



-



ANALISIS INTRUKSIONAL DARI TABEL PERILAKU
DAN KARKTERISTIK AWAL SISWA
 




















Isilah tabel berikut dengan (V) dengan kriteria sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju, untuk setiap sub materi yang akan disampaikan dikelas.
SKALA PENILAIAN BENTUK LIKERT
No
Sub Materi
Sangat setuju
setuju
netral
Tidak setuju
Sangat tidak setuju
1

2.

3.

4


5

6



7






Menjelaskan pengertian badan Usaha
Menjelaskan Jenjang manajemen
Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen
Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli
Pengelompokkan badan usaha
Memberikan contoh peran Badan usaha dalam perekonomian indonesia
Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan Badan Usaha

V

-

V


V

V



V



V

-

V

-


-

-



-



-

-

-

-


-

-



-



-

-

-

-


-

-



-



-

-

-

-


-

-



-



-



JUMLAH
6
1
-
-
-

KUISIONER
Isilah kusioner berikut, dengan menjawab pertanyaan secara benar dan tepat
Jawaban anda dalam kuisioner ini, tidak akan mempengaruhi penilaian anda dalam belajar.
PERTANYAAN
1.      Tuliskan tempat kelahiran dan tempat anda dibesarkan.
JAWABAN: ..............................................................
2.      Pekerjaan atau bidang pengetahuan yang menjadi keahlian atau dicita-citakan untuk menjadi bidang keahlian anda.
JAWABAN: ..............................................................
3.      Hobby anda
JAWABAN: ..............................................................
4.      Bahasa sehari-hari yang dipakai
JAWABAN: ..............................................................
5.      Bahasa asing yang dikuasai
JAWABAN: ..............................................................
6.      Alat-alat audio-visual yang ada dirumah dan biasa digunakan sehari-hari
JAWABAN: ..............................................................
7.      Proses belajar yang bagaimana yang dapat meningkatkan hasil belajar anda
JAWABAN: ...............................................................
8.      Bagaimana jika proses pembelajaran di lakukan dengan melakukan studi lapangan secara langsung
JAWABAN: ...............................................................
9.      Jika Guru memberikan tugas berupa pekerjaan rumah, apakah hal tersebut membuat anda malas mengerjakannya sendiri
JAWABAN: ..............................................................
10.  Apa yang anda lakukan, jika guru yang mengajar, berhalangan hadir
JAWABAN: ..............................................................



MERUMUSKAN TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
AUDIENCE
Mata Pelajaran : Ekonomi Akuntansi
SK                               : Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
KD                               :a.  Menjelaskan jenjang manajemen.
b.    Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
c.    Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
d.    Menjelaskan pengertian badan usaha
e.    Pengelompokkan badan usaha.
f.     Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
g.    Memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian  indonesia.
Kelas                           : XII.IPS
BEHAVIOR
a.         Menjelaskan jenjang manajemen.
b.        Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
c.         Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
d.        Menjelaskan pengertian badan usaha
e.         Pengelompokkan badan usaha.
f.         Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha.
g.         Memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian  indonesia.
CONDITION
a.         Menjelaskan jenjang manajemen.
Jika diberi pertanyaan mengenai jelaskan jenjang dalam manajemen, siswa-siswi kelas XII.IPS dapat menjawab jenjang manajemen mulai dari top, middle dan low manajemen.
b.        Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Dengan diberikan soal mengenai prinsip-prinsip manajemen, diharapkan siswa-siswi kelas XII.IPS dapat menjawab prinsip-prinsip manajemen.
c.         Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
Dengan diberikan soal fungsi manajemen menurut henry fayol dan george terry diharapkan siswa dapat menjawab fungsi-fungsi manajemen menurut ahli.
d.        Menjelaskan pengertian badan usaha.
Jika diberikan pertanyaang mengenai jelaskan pengertian badan usaha, siswa-siswi kelas XII.IPS dapat menjawab pengertian badan usaha.
e.         Pengelompokkan badan usaha.
Jika diberikan pertanyaan pengelompokkan badan usaha swasta, yakni cv, kartel dan trust, siswa-siswi dapat  menjawab pertanyaan tersebut.
f.         Memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian indonesia.
Jika diberikan soal berkaitan dengan perekonomian indonesia, diharapkan siswa dapat menjawab soal yang berkaitan dengan berikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian indonesia.
g.         Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
Jika diberikan  empat (4) fungsi manajemen secara umum, diharapkan siswa dapat menjawab pertanyaan dalam menguraikan fungsi manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
DEGREE
a.         Menjelaskan pengertian badan usaha.
Siswa dapat  menjelaskan pengertian badan usaha secara umum dengan runtut dan benar.
Maka siswa paling sedikit benar 90% setingkat dengan kesempurnaan.
b.        Menjelaskan jenjang manajemen.
Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen dengan runtut dan benar.
Maka siswa paling sedikit benar 90% setingkat dengan kesempurnaan.
c.         Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Siswa dapat  menjelaskan prinsip-prinsip manajemen secara runtut dan benar.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.
d.        Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
Siswa dapat menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli dengan runtut dan benar.
Maka paling sedikit siswa benar 75%.
e.         Pengelompokkan badan usaha.
Siswa dapat  membuat pengelompokkan mengenai badan usaha.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.
f.         Memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian indonesia.
Siswa dapat  memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian indonesia.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.
g.         Menguraikan fungsi manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
Siswa dapat  menguraikan fungsi manajemen dalam pengelompokkan badan usaha.
Maka paling sedikit siswa benar 70%.

MENYUSUN TES ACUAN PAP DAN PAN
PAP: Nilai rapot.
PAN: Lebih pada penguatan pada saat proses pembelajaran.
PAP dan PAN dilihat dari penilaian.
TIK 1                          : Menjelaskan pengertian badan usaha.
  Siswa dapat  menjelaskan pengertian  badan  usaha secara umum dengan runtut dan benar . Maka siswa paling sedikit benar 90% jika, diberikan soal jelaskan pengertian badan usaha.
Butir Tes                     : Jelaskan pengertian umum dari badan usaha!
TIK 2                          : Menjelaskan jenjang manajemen.
Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen dengan runtut dan benar. Jika diberikan tes mengenai jelaskan jenjang manajemen, maka siswa paling sedikit benar 90%.
Butir Tes                     : Jelaskan urutan jenjang di dalam manajemen!
TIK  3                         : Menjelaskan prinsip-prinsip manajemen.
Siswa dapat  menjelaskan prinsip-prinsip manajemen secara runtut dan benar. Jika diberikan tes mengenai prinsip-prinsip maanjemen, maka paling sedikit siswa benar 70%.
Butir Tes                     : Jelaskan prinsip-prinsip yang dipakai dalam manajemen!
TIK 4                          : Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli.
Siswa dapat menjelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli dengan runtut dan benar. Jika diberi tes, jelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut ahli, maka paling sedikit siswa benar 75%.
Butir Tes                     : Jelaskan fungsi-fungsi manajemen menurut Henry fayol dan George
  terry
TIK 5                          : Pengelompokkan badan usaha.
Siswa dapat  membuat pengelompokkan mengenai badan usaha. Jika diberikan tes mengenai tuliskan pengelompokkan mengenai badan usaha, maka paling sedikit siswa benar 70%.
Butir Tes                     : Tuliskan pengelompokkan badan usaha menurut sektornya!
TIK  6                         : Memberikan contoh peran badan usaha dalam perekonomian
  indonesia. Siswa dapat  memberikan contoh peran badan usaha   
  dalam perekonomian indonesia. Jika siswa-siswi diberikan tes
  mengenai peran badan usaha dalam perekonomian indonesia, maka
  paling sedikit siswa benar 70%.
Butir Tes                     : Tuliskan 3 contoh peran badan usaha dalam perekonomian indonesia.
TIK  7                         :
Menguraikan fungsi manajemen dalam  pengelolaan badan usaha.
Siswa dapat  menguraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan
badan usaha. Jika siswa-siswi diberikan tes mengenai fungsi 
manajemen dalam pengelolaan badan usaha, maka paling sedikit
siswa diharapkan benar 70%.
Butir Tes                     : Uraikan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar