Assalammualaikum...

Ketika butuh sebuah bahan referensi, semoga Blog ini bermanfaat.. Wassalammualaikum

Jumat, 16 Desember 2011

INSTRUMEN PENELITIAN MATA KULIAH MPP


RIZKI ALHAIRIAH
20112513026
SORE A
MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

Judul :
Pengaruh Media Naskah Audio Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemulutan Selatan
Pertanyaan:
1.    Bagaimana Pengaruh Media Naskah Audio Terhadap Motivasi Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemulutan Selatan?
2.    Bagaimana Pengaruh Media Naskah Audio Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemulutan Selatan?

Indikator:
1.    Motivasi:  dilihat dari
1.         Proses pembelajaran
a.       Mendengarkan penjelasan Guru
b.      Mencatat hal-hal yang berhubungan dengan materi
c.       Mengemukakan pendapat dalam diskusi
d.      Aktif bertanya
e.       Menjawab pertanyaan guru
2.         Mengerjakan tugas-tugas:
a.       Tepat waktu
3.         Mengumpulkan tugas pada jam pelajaran berikutnya

2.    Hasil Belajar: dilihat dari
a.       Nilai hasil belajar siswa yang tampak dari soal latihan atau tes yang diberikan (dalam teori behavioristik merupakan tahap pengukuran).



 
Instrumen:
1.      TES
Tagihan Tes Tertulis
A.Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1.Layang-layang bam dapat dimainkan jika sudah dipasangi benang. Maka benang di sini untuk layang-layang termasuk benda
a. bebas                                   d. Substitusi
b. konsumsi                             e. Komplementer
c. Produksi

2.Klasifikasi benda menurut cara memperolehnya disebut benda ……
a.logam dan galian                  d. substitusi dan komplementer
b.antik dan modern                 e. ekonomi dan benda bebas
c.konsumsi dan produksi

3.Alas pemuas kebutuhan yang dapat langsung memenuhi kebutuhan manusia
disebut benda …..
a.       konsumsi                           d. Komplementer
b.      produksi                            e. Bergerak
c. substitusi.
4. Suatu pengorbanan yang harus dilakukan karena dipilihnya suatu alternatif tertentu diantara berbagai alternatif disebut ….
a.the law of scarcity                d. pportunity cost
b.the problem of choice          e. the cost ofdoctrin alternative
c.the low of deminishing return
5.Kebutuhan hidup manusia yang terbatas dapat dilihat dari ….
a.cara manusia dalam mencari nafkah
b.cara manusia dalam memenuhi kebutuhan yang selalu tidak puas
c.cara manusia dalam menghemat penghasilannya
d.cara manusia dalam menghabiskan semua penghasilannya
e.cara manusia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya












PENGGOLONGAN PERNYATAAN DALAM ANGKET MOTIVASI
BERDASARKAN KRITERIA DAN KONDISI
     NO
KONDISI
ANGKET MOTIVASI
(BUTIR SOAL)
  1
Kebutuhan Dasar (rasa aman, cinta dan penghargaan)
5,6,7,14,16
  2
Kebutuhan fisik dan psikologi
15,18,19
  3
Kebutuhan tumbuh (mengertahui, memahami, menghargai, menumbuh, mengembangkan penghargaan dari orang lain)
1,2,3,4,6,8,9,10,11,12,13,17,20



















2. Angket
Kuisioner Motivasi Belajar Siswa
Identitas Siswa           :
Nama                           :
Kelas                           :
Berikut disajikan pernyataan tentang motivasi belajar siswa. Silahkan menyatakan persepsi anda tentang motivasi belajar anda di sekolah. Sejauh mana pendapat anda terhadap pernyataan ini. Jika anda pilih a= tidak benar, b= kurang benar, kc= cukup benar, d= benar, e= sangat benar.
PETUNJUK: silahkan memberikan tanda (X) pada kotak-kotak yang tersedia. Jawaban anda tidak berpengaruh terhadap nilai ekonomi anda.
 
DENGAN MENGGUNAKAN NASKAH AUDIO
  1. Saya sering berhasil dalam mencapai tujuan belajar a b          c          d          e
  2. Saya sekarang menggunakan waktu
lebih lama dalam belajar                                              a          b          c          d          e
  1. Saya berusaha belajar lebih rajin                                 a          b          c          d          e
  2. Saya dapat mendengar lebih mudah
Mengingat pelajaran                                                    a          b          c          d          e
  1. Saya yakin nilai ekonomi saya
Lebih baik                                                                   a          b          c          d          e
  1. Saya yakin terhadap kemampuan
Saya untuk mendapat nilai tinggi                               a          b          c          d          e
  1. Saya berhasil mendapat nilai tinggi                            a          b          c          d          e
  2. Saya menyediakan waktu membaca
Buku pelajaran ekonomi                                             a          b          c          d          e
  1. Saya senang mendiskusikan bahan
Yang telah diajarkan                                                   a          b          c          d          e
  1. Saya siap bersaing dengan siswa lain                          a          b          c          d          e
  2. Saya selalu bertanya bila diberi
Kesempatan                                                                a          b          c          d          e
  1. Saya senang mencari informasi
Yang berkaitan dengan mata pelajaran ekonomi        a          b          c          d          e
  1. Saya senang berkomunikasi dengan teman
Mengenai mata pelajaran ekonomi                              a          b          c          d          e
  1. Saya lebih mudah dalam mengerjakan
Pekerjaa rumah                                                            a          b          c          d          e
  1. Saya lebih giat belajar                                                 a          b          c          d          e
  2. Saya bangga jika nilai ekonomi saya tinggi                a          b          c          d          e
  3.  Saya tidak puas jika nilai ekonomi saya rendah         a          b          c          d          e
  4. Saya bangga mempunyai kemampuan
Dalam mata pelajaran ekonomi yang baik                  a          b          c          d          e

  1. Saya mempunyai cita-cita untuk melanjutkan
Kuliah jurusan ekonomi                                              a          b          c          d          e
  1. Saya berharap agar ada matapelajaran lain
Yang menggunakan naskah audio                              a          b          c          d          e





SEKIAN TERIMA KASIH














Tabel 1. Nilai Motivasi masing-masing siswa dari kuesioner
Nomor Urut Siswa
Nilai Motivasi
Kelas dengan Naskah Audio
Kelas tanpa Naskah Audio
1
2
.
.
.
.
.
.
33
a1
a2
.
.
.
.
.
.
a33
b1
b2
.
.
.
.
.
.
b33
Jumlah
∑a
∑b
Rerata
ā
ƃ

Keterangan: nilai diatas diperoleh dari total nilai kuesioner masing-masing siswa.
Dari data Tabel 1. dikelompokkan ke dalam 5 kategori motivasi dan nilai kuesioner (tabel 2).



Tabel 2. Kategori Motivasi
No
Kategori Motivasi
Jumlah Siswa
Interval Nilai
Kategori Motivasi
1
Sangat tinggi
a
86-100
5
2
Tinggi
b
71-86
4
3
Cukup Tinggi
c
56-70
3
4
Kurang Tinggi
d
41-55
2
5
Tidak Tinggi
e
≤ 40
1













  1. Lembar Observasi keaktifan siswa yang menggunakan atau tanpa menggunakan Naskah Audio

Parameter Keaktifan Siswa

Prosentase

Rerata
I
II
III
IV
V
VI
  1. Proses pembelajaran
a.       Mendengarkan penjelasan Guru
b.      Mencatat hal-hal yang berhubungan dengan materi
c.       Mengemukakan pendapat dalam diskusi
d.      Aktif bertanya
e.       Menjawab pertanyaan guru
  1. Mengerjakan tugas-tugas:
a.       Tepat waktu
b.      Mengumpulkan tugas pada jam pelajaran berikutnya







Tabel 3. Hasil Observasi keaktifan siswa yang menggunakan atau tanpa menggunakan Naskah Audio

Parameter Keaktifan Siswa

Prosentase (%)
Dengan Naskah Audio
Tanpa Naskah Audio
3.                Proses pembelajaran
f.       Mendengarkan penjelasan Guru
g.      Mencatat hal-hal yang berhubungan dengan materi
h.      Mengemukakan pendapat dalam diskusi
i.        Aktif bertanya
j.        Menjawab pertanyaan guru
4.      Mengerjakan tugas-tugas:
b.      Tepat waktu
c.       Mengumpulkan tugas pada jam pelajaran berikutnya





Tidak ada komentar:

Posting Komentar